Selasa, 24 Januari 2017

Air Terjun


Anda suka dengan air ? anda senang pemandangan air terjun?, jika anda datang ke Bali, anda dapat mengunjungi air terjun yang indah dengan lokasi yang gampang dicari. Dibawah telah di sediakan informasi tentang air terjun di Bali, daerah mana sajakah itu? yuk simak dengan selengkapnya.

1. Air Terjun GitGit Buleleng






Bagi anda yang berkunjung ke Bali, jangan sampai anda lewatkan obyek wisata yang bernama air terjun Gitgit Buleleng. Keindahan aliran air terjun yang begitu menyegarkan berasal dari pegunungan alami dengan lingkungan hutan alami. Biaya tiket masuk objek wisatanya pun sangat murah, untuk dewasa Rp 5.000/orang dan anak-anak Rp 3.000/orang. Jika anda bermaksud untuk mencari pemandu untuk menelusuri air terjun di Gitgit Bali, anda bisa memintanya di loket pembayaran dengan harga yang di sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Obyek wisata air terjun Gitgit ini cocok untuk anda pecinta petualangan. Di obyek wisata air terjun Gitgit tersebut, anda bisa mencoba petualangan trekking dengan medan jalanan setapak berkelok dan naik turun yang sangat menguji adrenalin anda. Untuk mencapai lokasi obyek wisata air terjun Gitgit dari parkir pengunjung harus berjalan beberapa ratus meter melewati jalur persawahan, kebun cengkeh, dan kopi. Obyek wisata air terjun Gitgit menawarkan nuansa alam sejuk begitu khas pada daerah-daerah dataran tinggi pegunungan.
Setelah sampai ke lokasi obyek wisata air terjun Gitgit, pengunjung bisa menyaksikan keindahan alam yang terpampang di depan mata. Terdapat pula rerimbunan pohon serta rambatan semak pada tebing yang seakan menambah kealamian obyek wisata air terjun Gitgit. Objek wisata air terjun Gitgit di Bali ini menjadi salah satu andalan Kabupaten Buleleng. Obyek wisata air terjun Gitgit ini sangat mudah ditemukan.

2. Air Terjun Sekumpul

Mengulas tentang pariwisata di Pulau Bali memang tidak ada habisnya, Pulau Bali memang paling terkenal tentang keindahanya sampai taraf dunia. Tetapi sangat disayangkan karena kebanyakan yang dieksplor para wisatawan kebanyakan hanya destinasi wisata pantainya. Padahal di Pulau Bali banyak juga mempunyai destinasi keindahan wisata didaerah pegunungan. Salah satunya Air Terjun Sekumpul yang terletak disebelah utara Pulau Bali. 
Bali utara wisata yang terkenal adalah Pantai Lovina. Deket dengan pantai itu terdapat sebuah desa yang bernama Desa Sekumpul. Ditengah rimbuya kawasan perbukitan yang hijau terdapat Air terjun Sekumpul. Nama dari sekumpul sendiri artinya adalah kumpulan, karena air terjun ini ada lebih dari 1 air terjun dan menurut info diaerha ini, ada sekitar 7 air terjun yang letaknya berjauhan.

Air terjun sekumpul terletak di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Propinsi Bali. Air terjun sekumpul mempunyai ketinggian sekitar 100 meter dan juga dikenal dengan Air Terjun Gerombong. Bukan hanya 1 air terjun yang mengalirkan air, tetapi memiliki 2 air terjun yang mengalir dengan deras. Karena ketinggianya, air terjun ini dapat kita nikmati dari kejauhan sebelum kita masuk kedalam area air terjun. Nampak 2 buah air terjun yang jatuh dan sumber dari air terjun yang tertutup rimbunya pepohonan hijau yang menutupi permukaan bukitnya. 2 air terjun yang berdekatan ini mempunyai karakter dan asal yang berbeda, yang pertama air terjun ini mempunyai bentuk air terjun yang mengalir tunggal seperti air terjun yang sering ditemui dan berasal dari sebuah mata air pegunungan. Dan yang kedua memiliki ketinggian yang lebih tinggi daripada air terjun yang pertama, mempunyai bentuk air terjun yang berjuntai bak kelambu serta berasal dari aliran sebuah sungai. Jadi pada waktu musim penghujan. Air terjun yang pertama air terjun tetap dalam keadaan jernih, sedangkan air terjun yang kedua akan berwarna coklat keruh.
Sebelum bisa menikmati air terjun dari deket, pengunjung akan diajak untuk menempuh perjalanan dengan berjalan kaki setelah dari pintu masuk. Dengan melewati beberapa puluh anak tangga yang terbuat dari beton dan pegangan dari besi membuat pengunjung merasa aman untuk menuruni perbukitan. Saat menuruni anak tangga akan terdengar suara air terjun yang gemuruh menghantam air kolam yang berada dibawahnya. Setelah menuruni anak tangga ada sebuah jembatan dengan air sungai yang jernih dibawahnya tampak segar apabila berendam disana. Soft tracking sebentar setelah melewati jembatan melewati sebuah hutan kecil dan barulah sampai ke Ait Terjun Sekumpul yang cukup deras dan membasahi walaupun kita belum mendekat.

3. Air Terjun Tegenungan 




Bali tidak hanya terkenal akan seni budaya yang sangat unik, tetapi memiliki alam yang sungguh indah dan mampu menarik pengunjung untuk datang kembali ke Bali. Objek wisata alam air terjun merupakan salah satu objek wisata alam yang ada di Bali. Hampir semua daerah di Bali memiliki objek wisata air terjun dan salah satunya tempat wisata air terjun tegenungan yang ada di daerah Gianyar.



Air terjun tegenungan berada di Banjar Tegenungan, Desa Kemenuh, kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Air terjun ini memiliki pemandangan yang cukup indah dengan pepohonan yang menghijau. Untuk mencapai di air terjun yang tingginya kurang lebih 15 meter itu, dari tempat parkir Anda harus menuruni puluhan anak tangga yang sudah tertata dengan baik. Anda juga harus menyusuri tepian Tukad (sungai) Petanu untuk melihat air terjun dari jarak yang lebih dekat.

Tempat wisata air terjun Tegenungan merupakan objek wisata air terjun yang paling dekat dengan Kota Denpasar memiliki air yang bersih jika tidak musim hujan, karena pada saat musim hujan airnya akan menjadi keruh. dan jangan khawatir sampai disana, karena jika memang itu sedang terjadi maka anda bisa memilih banyak pilihan air terjun lainnya di Bali yang tidak kalah indahnya. Adapun aktivitas yang bisa dilakukan di air terjun Tegenungan yakni duduk santai di atas batu untuk menikmati indahnya air terjun dan mendengar gemuruh air, bisa juga mandi atau sekedar bermain-main air, dan berfoto-foto untuk mengabadikan momen-momen indah. atau jika anda adalah orang yang memiliki cukup nyali, anda bisa melompat dari atas air terjun, namun perlu di ketahui pula, walaupun banyak orang sering melakukannya, kami sarankan anda untuk tidak melakukannya karena sangat berbahaya dan di areal air terjun ini tidak memiliki petugas lifeguard.

Namun karena air terjun ini merupakan objek wisata untuk semua kalangan umum maka pemerintah setempat menyediakan fasilitas pendukung seperti area parkir yang cukup luas yang mampu menampung kendaraan roda dua maupun roda empat, terdapat warung-warung sederhana yang menjual makanan dan minuman ringan, terdapat restoran dan vila di sekitar air terjun tegenungan. Dari warung-warung sederhana itu anda bisa menikmati makanan atau minuman sambil menyaksikan keindahan objek wisata air terjun Tegenungan dari kejauhan.

Selain itu, di dekat air terjun telah dibangun tempat-tempat pemandian dengan beberapa pancuran yang berasal dari mata air alami. Penduduk sekitar sering mandi dan mengambil air untuk konsumsi sehari-hari di pemandian tersebut, terutama pada pagi dan sore hari. Kalau Anda mau, Anda juga bisa mandi di sana. Selain wisatawan mancanegara, dalam musim liburan objek wisata tersebut juga banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal sekitar Gianyar, Denpasar dan Klungkung. Anda harus mengeluarkan biaya masuk sebesar Rp.5.000 untuk anak-anak dan Rp. 10.000 untuk orang dewasa.

4. Air Terjun Nungnung


Air Terjun Nungnung terletak di Desa Nungnung, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung. Perjalanan menuju air terjun ini sangat menyenangkan, karena jalannya cukup bagus dan melewati banyak persawahan dan perkebunan yang hijau menyejukkan mata. Udara di Desa Nungnung sangat sejuk, karena berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut.

Untuk mencapai air terjun Nungnung, anda harus berjalan kaki menuruni ratusan anak tangga yang sangat curam di beberapa tempat. sebelumnya, jangan lupa untuk membeli tiket masuk sebesar Rp 3.000,- per orang. Menuruni anak tangga ini, anda harus sangat berhati-hati, karena sebagian besar anak tangganya tidak dilengkapi dengan pegangan tangan. Jarak air terjun dari tempat parkir lumayan jauh sehingga cukup menguras tenaga. Namun, di beberapa tempat telah dibangun bale bengong untuk beristirahat. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 50 meter dari permukaan tanah, dengan debit air yang cukup besar dan arus airnya juga lumayan deras. Air Terjun Nungnung dikelilingi pepohonan yang hijau dan asri, dengan udara yang sejuk dan bebas polusi, sehingga siapapun akan bertah berlama-lama di sana.

5. Air Terjun Pengempu Cau Belayu




Air Terjun Pengempu ini terletak di kawasan Desa Cau Blayu, di kecamatan Marga Tabanan dan air terjun ini sangat dekat dengan kawasan objek wisata Sangeh, dan air terjun ini belum banyak diketahui masyarakat. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 – 20 meter dengan debit air yang kecil. Kondisi lingkungan sekitarnya masih sangat alami.
Lokasi air terjun ini berjaralk 40  menit dari Denpasar. Jika dari Denpasar arahkan kendaraan ke kawasan wisata Sangeh.  Tak jauh setelah melewati Sangeh akan di temui pertigaan jalan, ambil belokan ke kiri melewati jembatan hingga bertemu perempatan jalan (sekitar 200 m).  Dari perempatan tersebut belok ke kanan memasuki kawasan Desa Cau Belayu.



Itulah beberapa Air terjun indah yang ada di Bali, jika ingin melihat atau mengunjungi tempat ini, anda dapat mengikuti petunjuk lewat peta atau maps.
Sekian postingan ini, semoga bermanfaat. Terimakasih.
Lihat juga artikel mengenai : 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar